5 Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

Punya sumber penghasilan tambahan pasti jadi keinginan banyak orang. Hal tersebut memang wajar dikarenakan desakan biaya hidup yang semakin tinggi, jadi usaha atau bisnis sampingan menjadi daya tarik tersendiri untuk mencukupi kebutuhan hidup.

5 Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

Jika Anda bekerja sebagai karyawan perusahaan, maka bisnis sampingan dapat dijadikan solusi, karena selain dapat mengembangkan kemampuan finansial, usaha sampingan ini juga bisa meningkatkan perasaan tenang tanpa perlu mengkhawatirkan kekurangan biaya hidup.

Selain itu karena bisnis sampingan yang memiliki sifat kecil dan tidak terlalu besar maka modal yang dibutuhkanpun tidak terlalu besar, sehingga resiko yang dihasilkan juga tidak terlalu besar. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis atau usaha sampingan yang bisa dicoba.

Buka usaha pencucian (Laundry)

Bisnis penatu ini merupakan bisnis yang menggiurkan, terutama jika Anda tinggal di dekat kampus, perumahan, atau kos-kosan. Modalnya tidak besar, hanya 3,5 juta untuk mesin cuci+pengering, 2 unit setrika sebesar 500 ribu, timbangan 200 ribu, deterjen dan pewangi 250 ribu, serta perlengkapan lain seperti ember, jepitan, dan jemuran sebesar 450 ribu. Total modal yang dibutuhkan hanya sekitar 4,9 juta.

Buka bisnis fashion

Untuk Anda yang punya keahlian menjahit, Anda bisa menggunakan keahlian tersebut sebagai modal berbisnis. Untuk yang ingin melakoni bisnis usaha jahit pakaian, modal awal yang perlu dikeluarkan kurang lebih hanya sekitar 4 juta. Anda hanya perlu beli mesin jahit standar dengan harga sebesar 3,5 juta dan peralatan lainnya seperti benang dan jarum sebesar 500 ribu. Selain itu, hasil jahitan bisa dijual secara online.

Buka usaha budidaya

Budidaya kini menjadi tren di kalangan anak muda. Salah satunya adalah budidaya ikan lele. Modal mulai budidaya lele tahap awal terbilang murah, tak sampai 5 juta. Modalnya digunakan untuk membuat kolam sekitar 1 juta. Sementara itu, bibit membutuhkan budget senilai 1,5 juta untuk 3.500-4.000 ekor dan pakan lele sekitar 1 juta.

Jika tidak mau mengerjakan pemeliharaannya sendiri, butuh dana gaji pegawai senilai 1 juta per bulan. Total biaya yang diperlukan sebesar kurang lebih 4,5 juta.

Buka usaha pendidikan

Selain membantu pendidikan, Bisnis ini menjadi pilihan yang cukup menarik contohnya membuka tempat les privat. Untuk membuka les privat tahap awal, tak perlu menyewa tempat. Cukup mengumpulkan tenaga kerja yaitu para guru yang siap mengajar dan calon murid yang memerlukan bimbingan pelajaran tambahan. Dengan modal 4 juta, Anda bisa meraih omzet hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

Bisnis Waralaba

Banyak bisnis waralaba yang modalnya kecil, contohnya waralaba makanan. Salah satu yang paling mudah dijalankan adalah membuka usaha franshise. Ada banyak produk makanan atau minuman yang bisa didagangkan. Cukup dengan modal awal 2,5 juta- 5 juta, Anda bisa menjadi pengusaha waralaba makanan yang berkonsep pedagang kaki lima ini.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.