Tips Sederhana Menjalankan Bisnis di Media Sosial

Seperti diketahui bersama sosial media saat ini cukup berkembang dengan sangat cepat dan setiap hari mampu mengumpulkan atau menarik anggota (user) baru. Hal ini tentu jadi peluang emas untuk mempromosikan sebuah produk bagi para pebisnis online baik yang sudah profesional maupun yang baru memulai atau akan memulai.

Tips Sederhana Menjalankan Bisnis di Media Sosial

Sosial media yang paling banyak dipakai contohnya adalah Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Pinterest, LinkedIn dan sejenisnya. Berjualan online melalui sosial media memang cukup mudah, yang diperlukan adalah banyaknya follower atau jumlah user yang akan jadi target promosi online.

Namun demikian tingkat keberhasilannya juga relatif, tergantung seberapa bagus promosi dan seberapa menarik produk yang ditawarkan. Keraguan akan belanja online yang identik dengan terjadinya penipuan tidak dipungkiri masih membayangi sebagian orang, oleh karenanya perlu diperhatikan beberapa hal sederhana ini jika Anda ingin promosi di media sosial.

Membuat Akun/Profile Asli 

Posisikan Anda sebagai user, sering kita temukan diberanda orang-orang yang menawarkan produk namun akun atau profile nya tidak jelas. Bahkan ada juga yang bodong alias palsu. Hal ini sangat harus dihindari, karena untuk mendapatkan kepercayaan di media sosial yang pertama kali dilihat adalah profile atau akun kita. Buatlah akun dengan asli dan cantumkan segala hal (nama, alamat, No contact dll) dengan jujur.

Menentukan Target Audiens

Sesudah menyelaraskan akun untuk tujuan promosi, lanjutkan dengan membidik target audiens atau customer untuk bisnis Anda. Setidaknya mengetahui beberapa hal seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendapatan, minat, masalah, hambatan, kebiasaan, hal yang disukai, hal yang tidak disukai, motivasi dan wilayah atau alamat mereka.

Dengan mengetahui target audiens, maka itu akan membantu merancang dan membuat konten promosi. Namun perlu diingat tidak perlu memaksakan untuk mengetahui secara detail prbadi mereka, karena sosial media adalah akun personal, sekali lagi posisikan Anda sebagai user, tentu Anda tidak ingin ada orang tanya-tanya tentang kehidupan Anda bukan?

Posting Teratur

Jika akun sudah dibuat, target sudah jelas lanjutkan dengan membuat konten atau bahan postingan untuk mempromosikan bisnis Anda. Ada 2 opsi pilihan yang bisa dilakukan, posting manual atau menggunakan tool (alat) untuk sosial media. Jika Anda menggunakan tool promosi sosial media maka perhatikan beberapa fiturnya, apakah sudah terintegrasi dengan baik. Posting secara teratur dan jangan sampai menimbulkan spam, karena saat ini beberapa media sosial sudah mampu melacak jenis postingan apakah itu manual atau kiriman spam.

Interaksi dan Tidak Memaksa

Interkasi dengan audiens sangatlah penting, kebanyakan orang promosi di media sosial mengabaikan hal ini meskipun hanya sepele 'say hallo" namun berinteraksi dengan audiens yang merespon postingan adalah penting, meskipun jika target atau tujuan Anda hanyalah mengumpulkan audiens untuk mengarah kepada email building atau ke halaman landing page produk seperti blog atau website.

Saat berinterkasi jangan sekali-kali memaksa audiens untuk melakukan tindakan apalagi membalas sinis komentar mereka. Kembali posisikan Anda sebagai user, pernah Anda lihat orang marah dikomentar atau membuat status menyinggung misalnya"gak punya duit gak usah banyak omong, belum tau produk jangan bla bla bla...". Hal seperti itu wajib Anda hindari!

Jujur dan Evaluasi

Apapun produk yang Anda tawarkan disosial media, jujur adalah penting. Percuma Anda mahir dalam sosial marketing tapi melakukan hal-hal yang tidak jujur karena akan mengecewakan pembeli. 

Evaluasi segala hal yang terkait bisnis online Anda di media sosial, ini juga penting dan selalu direkomendasikan karena untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan promosi, apa kesalahan yang harus diperbaiki dan bagaimana merancang promosi dengan lebih baik lagi.
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.